9 December 2012

Main ke Museum of Islamic Art

Qatar banyak memiliki bangunan yang berarsitektur unik, bahkan termasuk kota yang banyak memiliki bangunan terunik di dunia. Salah satunya yaitu bangunan Museum of Islamic Art atau disingkat MIA

Bangunan MIA berada di pinggir pantai, bahkan menjorok ke laut. Jadi seolah-olah bangunannya terapung diatas laut. Dekat dengan Pelabuhan Doha dan pantai Corniche. Luas bangunannya sekitar 45.000 m2 menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk mengisi waktu weekend. Karena selain memiliki taman yang indah dan luas, di dalamnyapun kita akan menemukan berbagai macam peninggalan kejayaan sejarah Islam abad pertengahan hingga peninggalan kebudayaan Islam dari seluruh dunia, seperti artefak, keramik, kaligrafi, tekstil dan benda-benda bersejarah lainnya. Kebanyakan berasal dari peninggalan kebudayaan Islam abad 7 hingga 16 Masehi.

Gedung Museum of Islamic Art dirancang oleh seorang arsitek kebangsaan Amerika kelahiran China bernama Ieoh Ming Pei (dikenal dengan I.M. Pei) , seorang arsitektur yang pernah memenangkan penghargaan Pritzker Architechture Prize. Sebuah penghargaan tertinggi untuk arsitek dunia. Dan arsitek IM. Pei adalah orang yang merancang piramida kaca di Museum Louvre di Paris Prancis yang sangat terkenal.

Bangunan museum ini sangat mengagumkan, mempunyai konsep bangunan kuno yang di gabungkan dengan gaya modern.Melihat bangunan luarnya saja kita sudah kagum, belum lagi kalo kita masuk kedalam, akan kita temui desain yang sangat menarik dan unik

***

Menuju pintu masuk Museum of Islamic Art





MIA dilihat dari MIA Park,dekat Pelabuhan Doha.

Keindahan Museum of Islamic Art dari Pantai Corniche.


Pintu masuk museum, pengunjung wajib melewati Metal Detector dan tas wajib dititipkan. 

Tangga menuju lantai 2


Salahsatu sudut museum yg terdapat coffe break dengan view pantai corniche.















Pasar festival yg diadakan setiap hari Sabtu pekan pertama tiap bulan.

Kalau mau mencari souvenir khas Qatar atau negara2 lain, disinilah tempatnya karena banyak yang jual souvenir. Dan harganya cukup murah.
Denah Museum of Islamic Art

Jadwal jam operasional MIA

Penulis didepan MIA


2 comments: