30 September 2012

Indonesia atau Filipino ??

Negara kita yang bertetangga dengan Filipina menjadikan wajah penduduknya hampir mirip. Cukup sulit untuk membedakan wajah diantara keduanya disini. Di Qatar. Karena jumlah imigran dari Filipina disini menempati peringkat ke-5 dengan persentase 11% maka mereka cukup mudah ditemui di sudut kota Doha. Mulai dari penjaga kasir di mall/ supermarket hingga karyawan hotel.

Banyak kejadian lucu berkaitan dengan hal ini. Salah satunya sering orang indo disapa "Kamastaka?" yang artinya "Apa kabar?" dalam bahasa Tagalog Filipina. Menurut mereka wajah kita sangat mirip dengan Filipino. Padahal menurut saya sih tetap beda, mereka cenderung seperti wajah oriental china.

Hingga akhirnya suatu hari saat ada  acara tempat kerja di hotel EZDAN yang dihadiri oleh perwakilan sekolah Filipina, saya melihat seorang bapak yang wajahnya sangat mirip wajah jawa. Dengan pedenya saya dekati dan saya sapa :
      "From Indonesia?"
      "No. I'm from Filipino"
      (Hah ?? Ketipu ane)



***

Suatu pagi saat lari pagi di pantai Corniche yang indah,seorang pelari dari eropa menyapa kita :
      "Kamastaka?"
      "No. I'm from Indonesia" jawabku.
      (He-he, satu sama)


***

Suatu malam di Hotel Retaj Royal Doha, saat persiapan sound system. Kita bertemu beberapa pelayan hotel yang ikut mempersiapkan dekorasi tempat. Temanku berbicara arab dengan supervisornya. Saat mengobrol denganku dengan bahasa sunda, salah satu pelayan langsung kaget :
     "Hah, dari Indonesia ?? Kita pikir dari Filipina?
     "???"#%&**@
     (Sama, kita pikir mereka dari filipina juga, batinku)

Akhirnya merekapun bercerita & ngobrol dengan bahasa sunda. Maklum mereka semua kebanyakan dari Bandung. Mereka juga merasa kesulitan membedakan mana wajah indo dengan wajah filipino.

***

Terakhir terjadi tadi sore saat mengantar teman membuka rekening Bank BNI di Gulf Exchange dekat Al-Fanaar Doha. Kulihat si mbak Teller berwajah mirip china dengan menggunakan kaos "I Love Filipina". Jadi semakin yakinlah kalo kita mengira dia orang Filipina. Sayapun dengan pedenya bertanya dengan bahasa Inggris.
      "I want to open a bank account"
      "Ooh, bisa. Syaratnya hanya foto copy KTP atau Pasport aja" jawabnya santai
      GUBRAKKK !!!!
      (Uffgh...sudah capek2 pake bahasa Inggris eh ternyata orang indo tho')

Jadi kesimpulannya :
- Jika bertemu dengan orang yang berwajah indo, jangan buru-buru menebak dia orang indo.Lebih baik tanyakan dulu dari mana asalnya. Karena berhubung di Qatar lebih banyak orang Filipina, jadi merekalah yang lebih sering di kenal.

- Jika bertemu dengan wajah-wajah orang Asia tenggara,ada kemungkina mereka berasal dari 
Filipina,Indonesia atau Malaysia. 

-Wajah orang India sangat khas sekali. Sangat gampang ditebak. Wajah yang mirip dengan mereka cuma orang Bangladesh (sebutannya : Banggali) aja.

-Orang pakistan mudah dikenali karena mereka umumnya sangat bangga dengan pakaian nasional mereka yang seperti gamis tapi atasan 3/4 hingga lutut dangan celana panjang yg longgar. Mereka gunakan disetiap kesempatan, baik saat bekerja, sholat hingga saat santai di rumah.

Semoga bermanfaat !!
300912- 12 dinihari


No comments:

Post a Comment