7 October 2012

Enam bulan di Teluk Parsi

Tak terasa hari begitu cepat berlari. Perasaan baru kemarin aku merasakan roda-roda pesawat Emirates mendarat di Doha Airport. Kini 6 bulan sudah kuhirup udara sahara disebuah negeri di Teluk Parsi. Negeri yang 85% penduduknya para imigran. Ya, Qatar namanya.

***

Hari ini, tepat 6 bulan yang lalu. Pukul 02.30 dinihari waktu setempat. Kuinjakkan kaki di negeri harapan. Mengharap kehidupan yang lebih baik. Mengharap bisa menambah pengalaman, wawasan dan keilmuan. Negri yang pernah kuimpikan. Yah, sekitar tahun 2002 aku punya teman yang masih muda tapi sudah pergi haji dan umroh. Dia bilang kalo mau pergi haji atau umroh gratis itu gampang. Caranya, jadilah TKI yang bekerja di Saudi atau Timur Tengah. Sejak itu aku selalu merindukan bisa bekerja disana agar nanti bisa pergi ke Baitulloh. 


Dan ternyata Alloh mengabulkan keinginanku 10 tahun kemudian, tepatnya awal tahun 2012 saat seorang teman memberi info lowongan kerja di Qatar sebagai fotografer &   videografer. Dengan bekal pernah bekerja di Studio King Foto selama 5 tahun,akupun memberanikan diri melamar. Dan akhirnya akupun diterima pada bulan Maret. Syukurnya aku bekerja tidak via PJTKI tapi jalur informal (profesional). Awal April akupun terbang ke Doha  Qatar.

Terus terang aku katakan bahwa ini semua berkat doa dari semua saudaraku,istriku, temanku dan sahabatku. Sehingga aku hingga saat ini masih berada disini.Di Qatar. Sekali lagi kuucapkan Jazakumullah khairon katsiro. Semoga Alloh membalas semua amal kebaikanmu saudaraku !


****
6 bulan pertama
Memang sebuah perjuangan yang sangat keras. Adaptasi udara yang panasnya mencapai 50 derajat Celcius, kultur warga yang lintas negara, hingga menu makanan. Tapi yang paling terasa berat adalah saat menjalani Idul Fitri yang jauh dari saudara dan tradisi kampung. Walaupun ada sedikit terobati kala sholat ied bersama WNI di KBRI dan saat Open House di rumah Dubes, karena ada sajian lontong sayur & opor ayam. hehe...

Ada banyak hal yang sudah dilakukan selama ini, antara lain :

Profesi
- Belajar Camera Sony EXDCAM EX3
- Belajar editing video Sony Vegas dan EDIUS 6
- Belajar video SLR with Canon EOS 5D Mark II

Travelling
- Hang out ke Aspire Park, Villagio, Souq Waqif, City Center & Corniche
- BBQ with my friend di Sealine Wakra & Sumaisma beach
- Touring ke Jumailiyah sekitar 100 km arah barat dari Doha
- Touring ke Al-Khor, 50 km utara Doha

Living
- Alhamdulillah sudah dapat ID Qatar awal September 2012, setelah mengikuti medical check-up tgl 8 Agustus dan fingerprint seminggu kemudian
- Lari pagi setiap Sabtu pagi di pantai Corniche yang indah
- Belajar masak, yang tadinya cuma bisa masak nasi,air sama indomie sekarang bisalah masak gulai atawa rendang...hehay.


***

Rencana 6 bulan kedepan
1. Pergi umroh bulan Januari atau Februari 2013. Insya ALLOH. (doain yah..Amiin)
2. Membuka usaha kembali bisnis sablon kaos WEBE (wong banten)
3. Hunting foto ke Benteng khas Qatar di Al-Khor, foto onta di habitatnya
4. Hang out ke Ruwais, Dukhan dan Sirkuit Losail
5. Hunting foto ke Museum Islamic Art Doha, Torch Tower & Katara Beach

dan masih banyak lagi rencana yang mau diwujudkan.

Doha, 07/10/12 - 16.30

2 comments: