17 April 2013

Journey My Umroh #3 (Tata Cara Umroh)

Selepas sholat dzuhur berjamaah, kita sepakat langsung melaksanakan ibadah umroh. Menurut saya lebih baik kita istirahat dulu di hotel beberapa jam untuk menghilangkan lelah selama perjalanan. Karena ibadah umroh adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang baik. Tapi berhubung semua pada semangat untuk segera melaksanakan umroh, akhirnya saya ikut juga.

Suasana thawaf antara dzuhur dan asar, difoto dari lantai paling atas.

Orang yang melakukan tawaf sehabis dzuhur menurut saya yang paling sedikit dibanding waktu yang lain. Mungkin disamping terik matahari juga karena waktu tersebut adalah waktu istirahat dan makan siang. Hanya setengah pelataran Ka'bah yang di penuhi orang yang thawaf.

Dimulai dari hajar aswad, kita disunnahkan mencium hajar aswad dengan mengucapkan "Bismillahi Allohu Akbar" . Jika tidak memungkinkan cukup memberikan isyarat dengan mengangkat tangan kanan ke arah hajar aswad lalu mengucapkan "Bismillahi Allohu Akbar". Karena saat itu sangat banyak orang yang berebut ingin mencium batu tersebut, maka saya hanya memberikan isyarat saja.

Lalu berlari kecil untuk 3 putaran pertama. Putaran ke-4 hingga ke-7 dengan berjalan biasa mengelilingi kabah berlawanan arah jarum jam. Jadi bangunan Ka'bah berada disebelah kiri kita. Selama thawaf kita disunnahkan membaca dzikir, doa atau tilawah Qur'an yang kita sukai sesuai tuntunan Sunnah. Sesampainya di sisi Rukun Yamani, kita disunnahkan untuk mengusap rukun yamani, yaitu pojok terakhir sebelum hajar aswad. Jika tidak memungkinkan untuk mengusapnya maka tidak disunnahkan untuk memberi isyarat tangan keaarahnya.

Denah Ka'bah

Mulai dari Rukun Yamani hingga Hajar Aswad kita disunnahkan membaca doa :
"Robbana atina fiddun ya hasanah wafil akhiroti hasanah waqinaa 'azaa bannar". Dan sesampainya di hajar aswad kita disunnahkan kembali untuk mencium atau memberi isyarah sambil mengucapkan "Bismillahi Allohu Akbar"  begitu seterusnya hingga 7 putaran.

CATATAN:
- Ibadah thawaf ini dilakukan harus dalam keadaan bersuci, jika batal wudhu kita maka kita diharuskan bersuci kembali lalu meneruskan sisa thawaf dimana kita berhenti terakhir.
- Selama thawaf disunnahkan idtiba yaitu kain ihrom diturunkan yang sebelah kanan hingga pundak sebelah kanan terlihat, setelah selesai thawaf kembali lagi seperti semula, pundak tertutup kain ihrom.


Setelah selesai thawaf lalu kita pergi ke Maqom Ibrahim lalu mengucapkan : "Wattahidzu mimmaqomi ibrohima mushollah" Lalu sholat 2 rakaat di belakang maqom Ibrahim dengan bacaan sholat dirakaat pertama sehabis Al Fatihah kita membaca surat Al Kaafirun dan dirakaat ke-2 Surat Al Ikhlas.

Inilah tempat melakukan sholat 2 rakaat
dibelakang Maqom Ibrahim

Setelah itu kita pergi ke air zamzam. Minumlah sepuasnya sambil berdoa apa yang kita minta. Dan siramlah sebagian air zamzam itu keatas rambut kita.

Salah satu sudut tempat mengambil air zamzam
di dalam area Masjidil Haram (google.com)

SA'I (SA'YU)

Tibalah kini kita melaksanakan ibadah sa'yu. Setelah meminum air zamzam kita langsung pergi ke bukit Shafa yang berada berhadapan dengan pintu ka'bah ke arah tenggara sedikit. Saat mendekati bukit Shafa disunnahkan membaca "Innasshafa wal marwata min sya'aa irillah" lalu diatas bukit Shafa atau area bukit Shafa bacalah doa yang disunnahkan yaitu :

"Allohu akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar .. Laa ilaaha illALLOH..
wahdahu laa syarikalah. Lahul mulku walahul hamdu, wahuwa 'alaa kulli syai'in qodiir. 
Laa ilaaha illALLOH..wahdahu anjaza wahdah, wanashoro 'abdah, wa hazamal ahzaaba wahdah"

Doa diatas dibaca sebanyak 3 kali, yang tiap habis membaca doa diselingi doa yang lain sesuai keinginan kita. Bebas aja yang penting sesuai sunnah, atau boleh juga doa hajat (keperluan) kita.

Selesai berdoa dilanjut dengan berjalan menuju Bukit Marwah. Ketika ada lampu hijau diatas lintasan sa'yu maka kita disunnahkan berlari kecil hingga lampu itu berakhir. Lalu berjalan seperti biasa lagi. Kalo haus disini banyak disediakan air zamzam dibanyak tempat. Kita tidak usah membawa air lagi.

Saat sampai di bukit Marwah bacalah doa yang kita baca seperti di Bukit Shafa tadi. Begitu seterusnya hingga 7 kali putaran.

INGAT !! ANTARA BUKIT SHAFA & BUKIT MARWAH DIHITUNG 1 PUTARAN, NANTI PUTARAN KE-7 AKAN BERAKHIR DI BUKIT MARWAH 

Lintasan melakukan sa'yu antara Shafa dan Marwah (google.com)

TAHALLUL

Setelah selesai melakukan sa'yu (sa'i) kini kita tinggal memotong rambut (tahallul). Keluarlah kita dari Masjidil Haram menuju salon yang banyak berada di bawah Zamzam Tower. Bagi pria mencukur gundul lebih afdhal (utama) karena Rosululloh saw mendoakan diberikan rahmat sebanyak 3 kali bagi mereka yang menggundulkan kepalanya sehabis umroh. Dan mendoakan 1 kali bagi mereka yang hanya memotong sebagian rambutnya. Adapun untuk wanita hanya memotong ujung rambutnya saja sebagian.

Para tukang salon disini hampir semuanya fasih berbahasa Indonesia. Banyak dari mereka menawarkan jasa potong rambut dengan berteriak : "Botak..botak..mau botak ? Hanya sepuluh riyal"..

Selesailah ibadah umroh. Alhamdulillah...

Bersambung ke Journey My Umroh #4



No comments:

Post a Comment