2 November 2012

Bahasa Arab Amiah (Bag-01 UNGKAPAN UMUM)

Tulisan ini saya buat untuk catatan saya dalam belajar bahasa Arab informal (tidak resmi) atau disebut juga Arab Amiah. Karena bahasa yang kita pelajari di tanah air adalah bahasa arab resmi (formal) yang dipakai untuk membaca textbook atau acara formal. Sedangkan percakapan sehari-hari orang arab lebih sering memakai bahasa 'amiyah (bahasa pasaran/ jalanan).

Sangat jarang ditemui buku yang membahas tentang bahasa amiyah ini. Saat saya jalan-jalan di Mall Villagio kemarin secara tidak sengaja saya menemukan buku berjudul EGYPTIAN ARABIC PHRASEBOOKS terbitan Lonely Planet dan satu lagi ARABIC PHRASEBOOK terbitan DK Eyewitness Travel Guides. Kedua buku ini membahas kosakata dan percakapan Inggris - Arab amiyah.

Berikut ini beberapa vocabulary yg akan saya sampaikan :


Ya                                     | naam, aywa نعم . ايوه
Tidak                                 | la   لا
Mungkin (berharap)            | yumkin يمكن
Mungkin (positif)                | mumkin ممكن
Mustahil                             | mash mumkin مش ممكن



Perlu / Penting                    | daruri ضرور  
Tolong                               | min fadlak (lk.) men fadlik (pr.)  من فضلك
Terima kasih                       | syukran    شكرا
Traima kasih kembali          | Ahlan bik   اهلاً بك
Maaf / Permisi                    | assif    أسف
Selamat Pagi                       | sabahul-khair  صباح الخير
Selamat Sore                      | masa ul-khair   مساء الخير
Selamat Malam                   | tasbah ala khair  تصبح علي خير
Selamat Datang                   | Marhaba   مرحبا
Nama saya                          | Ismi.....  اسمي
Siapa namamu ?                  | Ismak eh? atau  Masmuk?   اسمك اه؟
Apa kabar ?                        | Iz zayyak? (lk.)   Iz zayyek? (pr.)   ازيك
Senang bertemu denganmu  | Saadut bilqa' ak   سعدت بلقائك
Hari ini                                | In-nahar da    انهارده atau al yaum اليوم
Besok                                 | bukrah   بكره
Kemarin                              | imbarih  امبارح
Saya bicara Inggris              | ana batkallem englizi  انا بتكلم انجليزي
Saya tidak bicara Arabic?    | ma-batkallamsh `arabi?   مابتكلمش عربي
Saya tidak mengerti              | ana mish fahem    انا مش فاهم
Kamu berbicara Inggris?       | inta bitatkalem inglizi?  انت بتكلم انجليزي
Bisa bantu saya?                   | mumkin tsaa'adni?   ممكن تساعدني
Information:                           | istiilaamaat  الاستعلامات
Jam berapa ?                         | al-saa kam?  الساعه كم

bersambung ke Bag-02

No comments:

Post a Comment